RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : MIN
JINGAH BUJUR
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema : Pemanfaatan
Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan
laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
PJOK
3.2
Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan
tubuh.
4.3
Mempraktikkan
berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan
ideal.
Bahasa
Indonesia
3.1
Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
C.
INDIKATOR
IPA
Menjelaskan
pemanfaatan energy alternatif (matahari).
PJOK
Mempraktikkan
berbagai aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan
dan kekuatan serta kelenturan.
Bahasa
Indonesia
Menuliskan
informasi tentang pemanfaatan energi alternative (matahari).
D.
TUJUAN
Setelah melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu mempraktikkan
aktivitaskebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan
serta kelenturan.
Setelah membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang hemat energy
dengan mandiri.
Setelah kegiatan membaca teks, siswa mampu menggali informasi tentang
pemanfaatan energi alternatif (matahari).
E. MATERI
Karton, krayon atau pensil warna.
1. Latihan daya tahan dan kekuatan
2. Latihan Kelenturan
Bagian tubuh yang
banyak mengeluarkan energi
Nama gerakan dan
manfaatnya.
Poster yang
bertemakan hemat energi.
Teks tentang
energi alternatif (matahari)
Barang elektronik
atau barang lainnya yang menggunakan energy alternatif
F. PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang
relevan.Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa
memulai kegiatan olahraga dengan membaca doa dan diakhiri dengan bersalaman
untuk menunjukkan sikap sportifitas.
·
Fokus kegiatan kebugaran jasmani
ini, yaitu melatih kekuatan dan daya tahan otot tangan dan kaki. Hal mendasar
yang harus dibekalkan kepada siswa, yaitu: 1. Latihan daya tahan dan kekuatan
2. Latihan Kelenturan
Siswa
diarahkan untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakan di
lapangan. Tujuan kegiatan ini adalah agar anak mampu menganalisis gerakan
yang dilakukan, mengenal bagian tubuh yang banyak mengeluarkan energi,
berikut nama gerakan dan manfaatnya. Hasil analisis anak bisa disampaikan di
depan kelas. Siswa juga diarahkan untuk menganalisis sikap-sikap yang dapat
dipelajari dalam kegiatan tersebut dan menghubungkannya dengan cara bersikap
yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Guru
mengonfirmasi jawaban siswa.
Siswa
membuat poster yang bertemakan hemat energi.
Siswa
membaca teks tentang energi alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang
isi bacaan. Siswa dapat melakukannya secara individu atau dalam kelompok
kecil.
·
Guru mengonfirmasi jawaban-jawaban
siswa dan menambahkan informasi tambahan tentang materi ini.
·
Memotivasi siswa untuk mengetahui
lebih jauh tentang pemanfaatan energi matahari agar pengetahuan siswa lebih
mendalam dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaanlanjutan, seperti: a.
Menurut perkiraanmu, apakah energi alternative lain dapat dimanfaatkan untuk
menciptakan mobil seperti mobil matahari? b. Ajak siswa mengemukakan
ide-idenya dan berimajinasi tanpa memberikan komentar yang tidak membangun.
Kegiatan
Alternatif:
Guru
mengajak siswa untuk mencari informasi tentang barang elektronik atau barang
lainnya yang menggunakan energy alternatif, di perpustakaan sekolah atau internet.
Siswa
menuliskan refleksi hasil belajar hari ini.
|
150
menit
|
|
|
||
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan
hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian
temuai?
Hal baik
apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan
mengapa kamu perlu menerapkannya.
Guru
menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
Tugas:
Melanjutkan daftar periksa tentang hemat energi di pembelajaran 1.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa yang
memiliki keinginan untuk lebih mendalami materi tentang energi,
dapatdifasilitasi dengan dibawakan buku-buku lain dari perpustakaan atau
bacaan-bacaan
pendukung.
Remedial
Siswa
mengulang kembali materi ini dengan didampingi guru saat ada waktu
luang(istirahat/selesai semua pelajaran).
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
·
BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4
(BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
·
BukuPengembanganDiriAnak.
·
SumberMotivasi/InspirasiHidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangPemanfaatan Energi.
I. PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format
pengamatandilakukandalamkegiatanpembelajaransejakdarikegiatanawalsampaidengankegiatanakhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan
(terlampir).
- InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
1)
PenilaianKinerja.
2)
PenilaianProduk.
b. PenilaianHasilBelajar
·
Pilihanganda.
·
Isiansingkat.
·
Esaiatauuraian.
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Sudiannor, S.Ag
NIP. 197
|
Amuntai , 24 Juli 2013
Guru/
Siti Rabi’ah
NIM.131529134844
|
INI telah dipelajari dan bisa dipraktekkan
BalasHapus