Minggu, 13 April 2014

Rpp 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     :  MIN JINGAH BUJUR
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                           :  Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                   :  Pemanfaatan  Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke       :  3
Alokasi waktu            : 1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6        Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

PJOK
3.2    Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.3    Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.

Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    INDIKATOR

IPA
Menjelaskan pemanfaatan energy alternatif (matahari).

PJOK
Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.

Bahasa Indonesia
Menuliskan informasi tentang pemanfaatan energi alternative (matahari).

D.    TUJUAN
Setelah melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu mempraktikkan aktivitaskebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan.
Setelah membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang hemat energy dengan mandiri.
Setelah kegiatan membaca teks, siswa mampu menggali informasi tentang pemanfaatan energi alternatif (matahari).

E.     MATERI
Karton, krayon atau pensil warna.
1. Latihan daya tahan dan kekuatan 2. Latihan Kelenturan
      Bagian tubuh yang banyak mengeluarkan energi
      Nama gerakan dan manfaatnya.
      Poster yang bertemakan hemat energi.
      Teks tentang energi alternatif (matahari)
       Barang elektronik atau barang lainnya yang menggunakan energy alternatif

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah






G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
menit
Kegiatan
Inti
Siswa memulai kegiatan olahraga dengan membaca doa dan diakhiri dengan bersalaman untuk menunjukkan sikap sportifitas.
·         Fokus kegiatan kebugaran jasmani ini, yaitu melatih kekuatan dan daya tahan otot tangan dan kaki. Hal mendasar yang harus dibekalkan kepada siswa, yaitu: 1. Latihan daya tahan dan kekuatan 2. Latihan Kelenturan
Siswa diarahkan untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakan di lapangan. Tujuan kegiatan ini adalah agar anak mampu menganalisis gerakan yang dilakukan, mengenal bagian tubuh yang banyak mengeluarkan energi, berikut nama gerakan dan manfaatnya. Hasil analisis anak bisa disampaikan di depan kelas. Siswa juga diarahkan untuk menganalisis sikap-sikap yang dapat dipelajari dalam kegiatan tersebut dan menghubungkannya dengan cara bersikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Guru mengonfirmasi jawaban siswa.
Siswa membuat poster yang bertemakan hemat energi.
Siswa membaca teks tentang energi alternatif (matahari) dan menggali informasi tentang isi bacaan. Siswa dapat melakukannya secara individu atau dalam kelompok kecil.
·         Guru mengonfirmasi jawaban-jawaban siswa dan menambahkan informasi tambahan tentang materi ini.
·         Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang pemanfaatan energi matahari agar pengetahuan siswa lebih mendalam dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaanlanjutan, seperti: a. Menurut perkiraanmu, apakah energi alternative lain dapat dimanfaatkan untuk menciptakan mobil seperti mobil matahari? b. Ajak siswa mengemukakan ide-idenya dan berimajinasi tanpa memberikan komentar yang tidak membangun.
Kegiatan Alternatif:
Guru mengajak siswa untuk mencari informasi tentang barang elektronik atau barang lainnya yang menggunakan energy alternatif, di perpustakaan sekolah atau internet.
Siswa menuliskan refleksi hasil belajar hari ini.
    150
menit

Kegiatan
Penutup
Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan energy dengan bijak.
Tugas: Melanjutkan daftar periksa tentang hemat energi di pembelajaran 1.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa yang memiliki keinginan untuk lebih mendalami materi tentang energi, dapatdifasilitasi dengan dibawakan buku-buku lain dari perpustakaan atau bacaan-bacaan
pendukung.
Remedial
Siswa mengulang kembali materi ini dengan didampingi guru saat ada waktu luang(istirahat/selesai semua pelajaran).
    15
menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Dirianak, Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
·         BukuPedoman Guru Tema 2 Kelas 4 danBukuSiswaTema 2 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013, Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
·         BukuPengembanganDiriAnak.
·         SumberMotivasi/InspirasiHidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangPemanfaatan Energi.

I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatandilakukandalamkegiatanpembelajaransejakdarikegiatanawalsampaidengankegiatanakhir.
b.      PenilaianHasilBelajar
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir).




  1. InstrumenPenilaian
a.      Penilaian Proses
1)   PenilaianKinerja.
2)   PenilaianProduk.
b.      PenilaianHasilBelajar
·       Pilihanganda.
·       Isiansingkat.
·       Esaiatauuraian.




Mengetahui
Kepala Madrasah



Sudiannor, S.Ag
NIP. 197
Amuntai , 24 Juli 2013
Guru/



Siti Rabi’ah
NIM.131529134844

1 komentar: