10 karakter guru yang bagus untuk dijadikan guru di sekolah anda
Menyeleksi guru adalah pekerjaan ‘abadi’ dari seorang kepala sekolah. Sekolah mengandalkan kepala sekolah dalam mencari guru yang pantas dan cocok mengajar di kelas. Seperti semua proses seleksi, proses menyeleksi guru juga punya resiko dan hal yang mesti diwaspadai. Untuk itu saya mencoba menguraikan kriteria guru seperti apa yang pantas untuk direkrut sebagai guru di sekolah anda.
1. Sesuai visi misi sekolah
Cari lah guru yang sesuai dengan visi misi sekolah anda. Sayangnya banyak sekolah yang merekrut guru hanya karena mau digaji kecil atau kenalan si A atau saudaranya si B. Sebelum merekrut resapi kembali visi misi sekolah anda dan rasakan apakah kandidat yang ada di depan anda ini cocok atau tidak dengan visi misi sekolah anda dalam hal kepribadian, cara komunikasi dan filosofinya terhadap pendidikan.
2. Mengerti paedagogi
Banyak guru yang bukan berasal dari fakultas keguruan. Untuk guru yang punya latar belakang seperti ini tanya apa alasannya menjadi guru, dan bagaimana cara ia memandang dunia belajar mengajar. Kalau meragukan berarti kandidat ini hanya ingin jadikan profesi guru sebagai batu loncatan untuk ke pekerjaan berikutnya. Bahkan dari fakultas keguruan pun mesti ditanya kembali filosofi pendidikanya, jika kurang menyertakan aspek siswa atau anak didik, jangan lah diterima karena tipe guru seperti ini adalah tipe guru ‘teacher centered’
3. Tahu latar belakang sekolah
Silahkan bertanya menurutnya bagaimana sekolah anda. Jika analisanya dalam dan baik sebagai masukan. Selamat! Anda sudah menemukan guru yang tepat
4. Yang bisa bertanya saat diminta bertanya
Guru yang bagus senang bertanya. Proses seleksi bukan sekedar kandidat guru ditanya-tanya oleh kepala sekolah namun juga ada saatnya si calon mesti bertanya. Minta ia bertanya sesuatu mengenai sekolah anda, jika pertanyaannya bermutu dan cerdas berarti ia adalah guru yang cocok
5. Punya kemampuan komunikasi yang bagus
Carilah guru yang sopan, tau etika dan punya komunikasi yang bagus. Guru yang punya komunikasi yang bagus akan membantu perannya sebagai guru. Namun tanya hati kecil anda juga sebagai kepala sekolah, apakah komunikasinya yang bagus ini positif atau negatif. Karena komunikasi yang negatif akan membuat sekolah anda bernuansa negatif juga. Silahkan mencari guru yang pandai menempatkan diri tidak terlampau serius namun juga tidak cengengesan
6. Berpakaian pantas
Tidak perlu mahal, guru yang professional tahu bagaimana berpakaian pantas dan nyaman. Guru dengan bau badan berarti punya hal yang belum ia lakukan dengan benar dalam soal kebersihan.
7. Meminta gaji yang sesuai
Guru professional tahu bagaimana cara menghargai diri sendiri. Guru yang meminta gaji terlampau murah atau mahal perlu diteliti lagi latar belakangnya. Jika sekolah sudah bisa memakai UMR sebagai patokan akan lebih baik lagi.
8. Punya blog atau twitter yang aktif
Merupakan nilai lebih jika calon guru punya blog dan twitter yang aktif. Lihat tulisan atau lini masanya. Cari guru yang tidak galau dan berpikiran positif, guru yang sukanya mengeluh, mencaci dan berkata kasar di social media jangan direkrut sebagai guru.
9. Menulis email dengan benar
Jika anda menerima lamaran lewat email, maka lihat cara dia menulis email. Banyak sekali calon guru yang saat melamar hanya menulis email kosong sambil diselipi CV dan surat lamaran pada attachmentnya, calon guru yang seperti ini perlu belajar banyak soal etika dalam dunia online. Ada juga guru yang menggunakan nama tidak resmi dan tidak serius. Misalnya “adindaimoet@yahoo.com atau Azischayankkamu@yahoo.com dan sejenisnya yang mencerminkan belum dewasanya ia sebagai pribadi.
10. Pengalaman penting namun bukan segalanya
Sekolah yang baik mengandalkan pada system dan bukan pada orang per orang. Menerima guru yang sudah pengalaman memang penting, namun lebih penting menerima guru yang mau berubah dan bersedia menerima masukan.
Menjadi pembicara yang andal? Ini tipsnya
Di jaman sepert ini semua profesi mesti siap diminta presentasi. Sebagai guru apalagi, mesti siap jika kepala sekolah minta ia untuk berpresentasi di depan sesama guru, di depan orang tua siswa atau di depan orang yang tidak dikenal sekali pun. Berdasar kan riset ternyata ‘berbicara di depan umum ‘ adalah hal nomor satu yang ditakuti oleh banyak orang. Dengan demikian penting kiranya bagi anda pembaca blog saya untuk senang dan mau berlatih berbicara di depan umum. Berikut ini caranya.
Sebelum berpresentasi
- Kenali temanya. Sebuah tema penting untuk digali dan dicarikan apa saja yang menyangkut tema tersebut. Buat peta pikiran untuk membuat semua hal yang berhubungan dengan tema menjadi satu kesatuan. Peta pikiran adalah cara seseorang membuat sebuah hal yang menjadi tema besar dihubungkan satu sama lain dengan kata kunci
- Dengarkan instruksi dari orang yang meminta anda berpresentasi. Saat diminta presentasi terkadang hati ini senang dan jadi lupa untuk jadi pendengar yang baik. Saat berhadapan dengan orang yang meminta kita presentasi dengarkan harapannya. Catat hal yang penting sambik terus mendengarkan saat ia berbicara dengan demikian anda dapat kesempatan untuk berbuat yang terbaik dalam mempersiapkan.
- Belajar berbicara dengan bahasa resmi dalam setiap kesempatan. Di ruang guru terkadang kita sering terbawa untuk mengobrol akrab dengan sesama guru sehingga lupa untuk berbicara dengan bahasa resmi dan formal. Bukan berarti saya sarankan anda untuk jadi orang yang serius setiap saat, toh bercanda juga bisa dalam suasana yang formal.
- Jawab pertanyaan ini, apa yang ingin anda sampaikan kepada audiens? Buatlah dalam 1 kalimat singkat. Buat saya di awal-awal ternyata tidak mudah untuk menjawab pertanyaan ini dikarenakan saking bergairahnya saya jadi tidak bisa membuat tujuan presentasi bahkan dalam satu kalimat singkat. Dengan membuat kalimat singkat anda jadi focus dalam merencanakan presentasi. Jawabannya misalnya ‘supaya audiens yang hadir tahu betapa pentingnya menjadi guru yang proaktif dan kreatif di jaman sekarang’ atau ‘saya ingin member tahu audiens betapa menjadi orang tua sekarang banyak sekali tantangannya’
- Cari dan unduh video yang berhubungan dengan materi anda. Sebuah video yang disajikan saat workshop tidak mesti selalu video yang membuat mata berlinang khas para motivator dalam membangkitkan semangat atau video lucu yang membuat audiens katakan, video lucunya lagii doong.. Video yang berhubungan bisa ditambahkan dengan penjelasan anda pada audiens sehingga mereka menjadi mengerti.
- Buat power point dengan format 4; 6 dalam satu slide, cukup 4 point dan 6 kata dalam satu kalimat. Perbanyak gambar yang berhubungan dijamin membuat audiens anda terinispirasi
- Istirahat dan tidur yang cukup itu penting dalammepersiapkan kondisi yang fit saat berpresentasi maklum kemungkinan besar anda tidak akan duduk selama presentasi dan mesti siap antusias selama presentasi .
- Siapkan laptop anda di rumah serta pastikan smua video atau file yang diperlukan siap dipertunjukkan
- Hubungi panitia apa saja yang diperlukan saat presentasi agar bisa dipersiapkan terlebih dahulu.
- Datang setengah jam lebih awal, ini penting karena anda jadi tahu jika ada kesulitan di lapangan juga penting bersilaturahmi dengan pihak penyelenggara, hasil obrolannya penting untuk mengetahui medan atau sampai dimana pengetahuan audiens yang akan hadir.
- Tebarkan senyum jadilah orang yang akrab namun serius saat berpresentasi. Saat anda menyenangkan sebagai pribadi apapun yang anda katakan saat berpresentasi orang akan mendengarkan.
- Hormati yang lebih tua dan mengerti pada yang lebih muda. Tanpa kedua prinsip ini anda akan jadi bulan-bulanan orang yang lebih senior di tempat anda berpresentasi dan mudah cepat marah jika ada orang yang lebih muda nyeletuk dan lain sebagainya
- Terapkan formula ini tiap 20 menit berbicara anda selingi dengan kerja kelompok atau melihat tayangan. Terlalu banyak menonton tayangan anda akan dianggap tidak serius, terlalu banyak ceramah anda akan dianggap sok serius.
- Sedia minum untuk diri sendiri atau minum selagi sempat. Ini akan membuat otak anda cerdas dan cermat dalam berpikir dan selalu mempunyai ide.
- Selalu selesai lebih cepat dari waktu yang ditentukan, sekitar 10 sampai 5 menit sebelum waktu habis boleh juga anda akhiri sebagai cara untuk membuat audiens nyaman dan tidak gelisah. Segera setelah selesai anda juga boleh membereskan peralatan sambil ngobrol kecil dengan peserta
Resep guru agar nyaman, betah dan loyal mengajar di sekolah
Guru yang nyaman bekerja di sekolah adalah tujuan dari semua
pengelola sekolah dan orang tua siswa. Nah cara membuat seorang guru
nyaman ada banyak caranya. Jika begitu saja menganggap seorang guru itu
adalah karyawan maka pengelola sekolah pasti akan langsung berpikir,
masalah gaji lah yang akan membuat seorang guru merasa nyaman. Ada
benarnya juga, walaupun tidak sepenuhnya benar.
berikut adalah cara membuat guru nyaman dan bagaimana cara membuat mereka merasa betah mengajar di sekolah yang anda pimpin
berikut adalah cara membuat guru nyaman dan bagaimana cara membuat mereka merasa betah mengajar di sekolah yang anda pimpin
- ruang guru yang memadai. Saya tidak mengatakan ideal namun memadai. Karena setiap sekolah punya standar masing-masing. Ruang guru yang tersedia minuman serta gula, teh dan kopi akan membuat guru betah untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Lebih bagus lagi jika ada pantry, dapur kecil yang ada peralatan untuk memanaskan makanan jika sekolah belum menyediakan makan untuk guru. Di ruang guru juga sebaiknya ada komputer dan printer yang siap mambantu tugas guru dalam mempersiapkan pengajaran yang kreatif untuk muridnya.
- Menyediakan makan siang untuk guru. Jika sekolah belum mampu menanggungnya 100 persen, sekolah bisa melakukannya dengan patungan 60;40 dengan gurunya. Makan siang dan permasalahan asupan gizi dan makanan sangat penting bagi seorang guru karena jika sekolah melewatkan hal ini yang terjadi adalah sekolah akan sering mendapat kabar guru tidak masuk karena sakit. Hal ini bisa saja terjadi karena guru makan di warung yang belum tentu terjamin kebersihan atau terkadang mereka tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan makanan dikarenakan lalu lintas menuju sekolah yang mengharuskan mereka berangkat pagi- pagi benar. Jika sekolah ingin maju dan sukses diperlukan guru yang sehat dan siap mengajar. Guru pun akan terbina keakraban jika ada kesempatan makan siang bersama.
- Dipenuhi peralatannya. Peralatan yang saya maksud termasuk media pembelajaran dan alat bantu mengajar serta sarana pendukung lain yang diperlukan Terkadang guru memang sering terlihat ‘boros’ namun dengan pendekatan dan sosialisai mengenai penghematan guru akan berpikir ulang sebelum melakukan hal yang akan berujung pada pemborosan. Cara guru memesan alat bantu, bahan dan media pembelajaran juga perlu diatur, dengan sistem yang baik akan membuat guru merasa sekolah mendukung dan membantu tugasnya sebagai pendidik. Sebaliknya pemesanan yang lama dan berbelit-belit akan membuat guru frustasi dan merasa sekolah tidak mendukung upayanya untuk menghadirkan upayanya yang terbaik di kelas. Sebaiknya sekolah membeli dalam partai besar untuk kemudian menyimpannya di sekolah dengan demikian selalu ada saat guru memerlukan.
- Atasan yang mendahulukan kepercayaan dibandingkan dengan kecurigaan. Ada banyak perbedaan antara guru dan karyawan. Seorang guru bukan sekedar karyawan, ia adalah pendidik sebagai ujung tombak dari sebuah sekolah yang efektif. Karyawan memang punya mekanisme untuk diawasi oleh atasannya, sementara guru adalah orang yang baru akan maksimal dalam bekerja saat ia diberi kepercayaan. Guru pun bisa salah dan saat ia salah kepala sekolah bukan jadi orang yang menghukum namun ia akan jadi orang yang mendampingi agar guru bisa lebih baik lagi dalam perilaku dan kinerjanya.
- Ada event di luar jam mengajar. Guru senang jika di akhir tahun ia tahu bahwa ada kesempatan yang disediakan sekolah untuk pergi bersama keluarga besar sekolah tempat ia mengabdi atau ada saat sekolah lakukan ‘Teacher Appreciation Day’ dimana sekolah bekerja sama dengan orang tua siswa mengadakan acara khusus untuk memberi penghargaan pada guru anak-anaknya yang telah mengajar penuh satu tahun ajaran
- Diasah jiwa kepemimpinannya. Dalam rapat guru dihargai pendapatnya dan didengar sambil kepala sekolah berusaha dicarikan solusi. Dengan guru punya jiwa kepemimpinannya ia akan percaya diri saat bicara dengan orang tua siswa dan tampil sebagai guru profesional sebagai orang yang mewakili citra sekolah di mata masyarakat
- Dibantu/disumbang jika ada kesulitan. Guru juga manusia terkadang ia punya hal yang terjadi di luar kekuasaan dia sebagai pribadi. Jika guru meminta bantuan sekolah wajib membantu semampunya agar guru bisa segera keluar dari kesulitan dan segera bisa konsentrasi dalam mengajar.
‘Coffee Morning’ di awal tahun ajaran sarana membangun komunikasi di sekolah
Siapa bilang acara coffe morning cuma milik para pejabat? sengaja saya mulai tulisan ini dengan pertanyaan tadi untuk memberi gambaran bahwa sekolah pun bisa melakukannya.
Apa yang dimaksud dengan acara coffee morning?
- dilaksanakan 2 jam paling lama
- berisi pemaparan pihak sekolah mengenai satu tema khusus (di Ananda Islamic School kali ini temanya mengenai perkenalan class representative)
- dimulai dengan meminum kopi bersama-sama sambil santai menikmati kudapan dan mengobrol
- dilaksanakan pagi hari setelah orang tua siswa mengantar anaknya ke sekolah (jam 8 pagi)
- dilaksanakan di tempat yang bisa menampung banyak orang sesuai undangan, hidangan ringan kopi dan teh di sediakan
- pihak yang hadir adalah orang tua siswa (diundang sejak 2 minggu sebelumnya).
- keberhasilan sekolah
- prestasi siswa
- perubahan yang akan terjadi (sekolah mengabarkan pada yang hadir apa saja perubahan)
- meminta dengan khusus kerja sama orang tua sambil ucapkan terima kasih atas dukungannya kepada sekolah dalam setiap event dan acara
- pembentukan komite yang diperlukan selama satu tahun ajaran
- sekolah bernuansa profesional saling menghargai dan saling percaya
- mendengarkan masukan orang tua siswa dalam suasana yang akrab
Ini tulisan bapa Agus Sampurno moga memotivasi saya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar