Selasa, 31 Desember 2013

Kurikulum 2013.




MENERAPKAN KURIKULUM 2013

Meninjau silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menurut kurikulum 2013 dari guru pembimbing adalah hal utama yang kami lakukan. Silabus merupakan rangkaian garis besar perencanaan pembelajaran selama satu semester yang dijadikan panduan untuk menyusun Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP). Oleh karena itu, peninjauan silabus mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti sesuai dengan kurikulum 2013 oleh mahasiswa praktikan dilakukan agar rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan dibuat selaras dengan perencanaan global yang telah ditentukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasar pada draf yang telah diperoleh dari pemerintah. Hal ini dilakukan agar pembelajaran tidak melenceng dari tujuan utama yang ditetapkan oleh guru pembimbing. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu dan Sumber Belajar.
Mencari dan memilih sumber belajar yang relevan untuk digunakan. Pencarian dan pemilihan sumber belajar yang relevan merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa pada saat pembelajaran. Hal ini bertujuan agar dalam menyampaikan materi mahasiswa praktikan tidak melenceng dari materi yang diajarkan. Adapun sumber belajar yang dipilih adalah buku PAI  pegangan siswa kurikulum KTSP, buku PAI pegangan guru kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013, buku paket yang memadai, internet dan buku lainnya.
Mempelajari materi-materi yang akan disampaiakan. Mempelajari materi yang akan disampaiakn sangatlah penting adanya, hal ini bertujuan untuk agar mampu menguasai materi yang akan disampaikan, sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar.
Memilih dan menetapkan strategi dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Pemilihan strategi dan metode pembelajaran sangatlah penting dalam melaksanakan suatu pembelajaran agar mampu mengaplikasikan dengan tepat dan sesuai dengan kompetensi yang ada. Disamping itu strategi dan metode pembelajaran digunakan agar proses pembelajaran tidak monoton sehingga mampu menarik perhatian dan minat belajar siswa. Dalam pemilihan strstegi pembelajaran kami juga memperhatikan agar siswa aktif dan kreatif.
Mencari dan memilih media pembelajaran yang akan digunakan. Alat dan media pembelajaran merupakan alat bantu untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran, sehingga pembelajaran bisa tercover dan berlangsung secara efektif dan efisien. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Mahasiswa praktikan menggunakan media yang terdapat di dalam ruang kelas seperti white board, LCD, spidol, kertas HVS dll.
Memilih dan menemtukan sistem evaluasi pembelajaran. Evaluasi merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan. Evaluasi pembelajaran dilakukan sebelum pembelajaran (pre test) dan sesudah pembelajaran (post test). Dalam hal ini kami menggunakan sistem evaluasi tes lisan atau menanyakan beberapa pertanyaan secara spontan dan memberi tugas individu maupun kelompok pada peserta didik. Selain itu, siswa juga dituntut untuk menghafal salah satu ayat sesuai dengan materi yang disampaikan. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi acuan atau tolak ukur keberhasilan praktikan dalam mengajar..
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan rencana pembelajaran yang akan dijadikan rujukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Penyusunan RPP ini mengacu pada silabus yang telah ada sehingga materi yang disampaikan tidak melenceng dari pedoman kurikulum yang digunakan. Dalam penyusunan RPP, kami berkonsultasi dengan guru pembimbing terlebih dahulu. Di dalam RPP harus memuat beberapa komponen seperti kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), indikator, tujuan, materi, metode, kegiatan pembelajaran, alat/media/sumber belajar serta penilaian hasil belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar